MAKALAH SISTEM
KOMPUTER
KATA PENGANTAR
Puji
syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan
petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan
tugas makalah dengan judul
“SISTEM KOMPUTER”, yang mana makalah ini disususn
bertujuan untuk
memenuhi tugas Arsitektur dan Organisasi Komputer
dalam menempuh
pendidikan di stiki indonesia
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan
keterbtasan
dalam penyajian data dalam makalah ini. Oleh karena
itu, penulis mengharapkan
kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca
demi kesempurnaan
makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan dapat
menambah pengetahuan
pembaca.
Demikian makalah ini penulis susun, apabila ada kata-
kata yang kurang
berkenan dan banyak terdapat kekurangan, penulis mohon
maaf yang sebesarbesarnya.
denpasar,
9 November 2009
Penulis
DAFTAR ISI
Sampul.........................................................................................
i
Kata Pengantar
.............................................................................
ii
Daftar Isi
......................................................................................
iii
BAB I
PENDAHULUAN............................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN..............................................................
2
1. Sistem Komputer
........................................................... 2
a. Pengertian
Sistem...................................................... 2
b. Pengertian Komputer ................................................
2
c. Pengertian Sistem Komputer
..................................... 2
d. Komponen-komponen Komputer
.............................. 3
1. Hardware
.............................................................. 3
2. Software................................................................
9
3.
Brainware.............................................................. 11
2. Operasi Sistem Komputer
............................................. 11
BAB III PENUTUP......................................................................
14
Daftar Pustaka
BAB I PENDAHULUAN
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa
dilepaskan dari
kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan
pekerjaan kantor,
multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan
komputer semakin
berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa
batas. Kita sebagai manusia
mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan
teknologi khususnya
bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh
alat yang kita buat sendiri.
Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk
makalah dengan
harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi
kami.
Banyak sekali pembahasan tentang komputer, tapi kami
coba menulis
makalah dengan judul Sistem Komputer yang di jelaskan
secara umum atau garis
besarnya saja, jika kami membahas secara keseluruhan
itu membutuhkan waktu
yang tidak sedikit dan referensi yang banyak.
Makalah ini kami susun sangat simpel agar para pembaca
mudah
mencernanya dan tidak bosan membacanya,
Kami selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan
yang kurang tepat
dan menyimpang, karena kami masih dalam proses
belajar. Selamat membaca.
1
BAB II PEMBAHASAN
1. Sistem Komputer
a. Pengertian Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan
bahasa Yunani
(sustema)
adalah suatu kesatuan yang terdiri
komponen atau eleven yang
dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi,
materi atau
energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian
yang saling
berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta
memiliki item-item
penggerak.
b. Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut
prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula
dipergunakan
untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan
aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti
kata ini kemudian
dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
c. Pengertian Sistem Komputer
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait
untuk
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan
komputer. Elemen dari
sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware),
perangkat unak
(software), set instruksi (instruction set), dan
perangkat keras hardware).
Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen
yang
terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware
tidak berarti
apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya
(software dan
brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan
menghidupkan
komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan
perintah apa
komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan
empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU),
unit kontrol,
memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif
dinamakan I/O).
Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat,
"bus".
d. Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3,
yang
tidak bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Processing Device
Input Device
Output Device
Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
Operating System
Application Program
Language Program
3. Brainware
( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh
secara
fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat
pemroses,
maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup
canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang
ada padanya,
yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan
adanya
perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka
perintah
tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin
yang
dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa
bekerja
berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
Processing Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk
memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan
menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.
Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
dengan peranti input , output dan storan bagi
melaksanakan
arahan-arahan berkaitan.
Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated
Circuit),
yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU
memiliki fungsi adalah program-program yang disimpan
dalam memori utama dengan cara mengambil
instruksiinstruksi,
menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya
satu persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya
adalah
operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi
pelaksanaan
instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian utama,
yaitu :
1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic
Unit (ALU),
adalah alat yang melakukan semua operasi
aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit
elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan
keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan
instruksi program. Operasi logika meliputi
perbandingan
dua operand dengan menggunakan operator logika
tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (_),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan (_), lebih
besar
dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (_) ALU
juga
dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan,
penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND,
OR, NOT ), dan pelaksanaan perbandingan
(membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
2. CU ( Control Unit )
Unit control, mengatur
dan mengendalikan semua
peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat
input menerima data dan kapan data diolah serta kapan
ditampilkan pada alat output. Mengartikan
instruksiinstruksi
dari program komputer. Membawa data dari alat
input ke memori utama. Mengambil data dari memori
utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada
instruksi untuk perhitungan aritmatika atau
perbandingan
logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke
memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya
akan disajikan ke alat output.
Selain itu CPU juga memiliki beberapa alat
penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan
Register yang
memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil
dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk
menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses,
sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu
giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori
utama.
Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai
dengan fungsinya yaitu :
1. Instruction Register ( IR )
Digunakan untuk menyimpan instruksi yang
sedang diproses.
2. Program Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari
memori utama yang berisi instruksi yang sedang
diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah
menjadi alamat dari memori utama yang berisi
instruksi berikutnya.
3. General Purpose Register
Punya kegunaan umum yang berhubungan
dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg
digunakan untuk menampung data disebut operand
register, untuk menampung hasil disebut accumulator.
4. Memory Data Register ( MDR )
Digunakan untuk menampung data atau
instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU
atau menampung data yg akan direkam ke memori
utama, hasil pengolahan oleh CPU.
5. Memory Address Register
Digunakan untuk menampung alamat data atau
instruksi pada memori utama yg akan diambil atau yg
akan diletakkan.
Selain register, beberapa CPU menggunakan
suatu cache
memory yang mempunyai
kecepatan
sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien. Tanpa
cache memory, CPU akan menunggu sampai data/
instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu
hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama,
baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal
proses dari memori utama lebih lambat dibanding
kecepatan register sehingga akan banyak waktu
terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah
blok informasi pada memori utama dipindahkan ke
cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu
berhubungan dengan cache memory.
Input and Output Device
I/O membolehkan
komputer mendapatkan informasi
dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana,
dapat
berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
Ada
berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard,
monitor
dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti
webcam
(kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah
bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari
suatu
macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh
sistem komputer igital. Alat output, men-decode data
ke
dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
komputer.
1. Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
Keyboard
Pointing Device
_ Mouse
_ Touch
screen
_ Digitizer
Grapich Tablet
Scanner
Microphone
2. Output Device
Output Device adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil
pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke
kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Alatnya antara lain adalah :
Monitor
Printer
Speaker
Storage Device
Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat
menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi
dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu
memori
utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
1. Internal Storage
Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam
komputer yaitu :
RAM ( Random Access Memory )
Untuk menyimpan program yang kita olah untuk
sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat
diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ).
Struktur
RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1. Input Storage
Digunakan untuk menampung input yang
dimasukkan melalui alat input.
2. Program Storage
Digunakan untuk menyimpan semua
instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3. Working Storage
Digunakan untuk menyimpan data yang
akan diolah dan hasil pengolahan.
4. Output Storge
Digunakan untuk menampung hasil akhir
dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke
alat output.
ROM ( Read Only Memori )
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna
sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama
kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa
mengisi
sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik
pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari
program pokok, seperti program untuk mengatur
penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci
papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan
bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada
saat pertama kali sistem komputer diaktifkan
(booting),
yang dapat berupa cold booting atau warm booting.
Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara
memprogram kembali, yaitu :
1. PROM
(Programmable Read Only Memory), yg
hanya dapat diprogram satu kali.
2. EPROM
(Erasable Programmable Read Only
Memory),
dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat
diprogram kembali berulang-ulang.
3. EEPROM
(Electrically Erasable Programmable
Read Only Memory), dapat dihapus secara
elektronik dan dapat diprogram kembali.
2. External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan,
pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen
utama,
yaitu :
Floppy Disk
Hard Disk
CD Room
DVD
2. Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang
berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki.
Merupakan
data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh
komputer itu
sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau
instruksi
yang akan dijalankan oleh perintah, maupun
catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah
yang
dijalankannya.
Operating System
Sistem operasi atau operating system ialah Program
dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan
hardware komputerPerangkat
lunak yang dihubungkan
dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari
aktivitas
sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi
diantaranya adalah :
_ Linux
_ Windows
_ Mac OS
Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya)
mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi
Input,
Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan
pembuangan software.
Sistem operasi, menentukan program yang mana
dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori
atau
I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga
memberikan
servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
membolehkan programer untuk menulis program untuk
suatu
mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat
elektronik yang terhubung.
Application Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau
disebut juga program siap pakai. Program paket
digunakan
untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus
dibidang
industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas
organisasi
ayau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas
perorangan.
Contoh :
_ Microsoft
Word
_ Microsoft
Excel
_ CorelDraw
X4
_ Dll
Language Program
Language Program atau bahasa pemrograman adalah
bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi
dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa
sendiri
maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
bahasa
Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang
digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program
untuk
melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh
programer,
seperti :
_ Visual
basic
_ Turbo
pascal
_ Delphi
3. Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah
komputer, karena jika tidak ada orang yang
mengoperasikan maka
tidak akan dapat digunakan.
2. Operasi Sistem Komputer
Secara umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan
sejumlah device
controller yang terhubung melalui sebuah bus yang
menyediakan akses ke
memori. Umumnya, setiap device controller bertanggung
jawab atas sebuah
hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat
beroperasi secara konkuren
untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa
hardware ini dapat
menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk
mencegahnya sebuah
memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses
memori.
Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya
lebih kompleks.
Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah
bus . Tiap bus
merupakan jalur data antara beberapa device yang
berbeda. Dengan cara ini RAM,
Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama
berkecepatan tinggi
yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) .
Sementara perangkat lain
yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang
berkecepatan lebih rendah yang
terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke
bus utama. Untuk
komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge .
Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara tak
langsung juga
mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah
bus controller atau
dikenal sebagai bus master . Bus master akan
mengendalikan aliran data hingga
pada satu waktu, bus hanya berisi data dari satu buah
device .
Pada prakteknya bridge dan bus master ini disatukan
dalam sebuah chipset
.Jika komputer dinyalakan, yang dikenal dengan nama
booting, komputer akan
menjalankan bootstrap program yaitu sebuah program
sederhana yang disimpan
dalam ROM yang berbentuk chip CMOS (Complementary
Metal Oxide
Semiconductor) . Chip CMOS modern biasanya bertipe
EEPROM(Electrically
Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu memori
non-volatile (tak
terhapus jika power dimatikan) yang dapat ditulis dan
dihapus dengan pulsa
elektronik. Lalu bootsrap program ini lebih dikenal
sebagai BIOS (Basic Input
Output System) .
Bootstrap program utama, yang biasanya terletak di
Motherboard akan
memeriksa hardware-hardware utama dan melakukan
inisialisasi terhadap
program dalam hardware yang dikenal dengan nama
firmware .
Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan
meload kernel
sistem operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan
inisialisasi sistem operasi.Dari
sini program sistem operasi akan menunggu kejadian
tertentu. Kejadian ini akan
menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi
berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai
dengan munculnya
interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem
Operasi ini disebut
Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya
dikirimkan melalui suatu signal
tertentu, sedangkan software mengirim interrupt dengan
cara menjalankan system
call atau juga dikenal dengan istilah monitor call .
System/Monitor call ini akan
menyebabkan trap yaitu interrupt khusus yang
dihasilkan oleh software karena
adanya masalah atau permintaan terhadap layanan sistem
operasi. Trap ini juga
sering disebut sebagai exception .
Setiap interrupt terjadi, sekumpulan kode yang dikenal
sebagai ISR
(Interrupt Service Routine) akan menentukan tindakan
yang akan diambil. Untuk
menentukan tindakan yang harus dilakukan, dapat
dilakukan dengan dua cara
yaitu polling yang membuat komputer memeriksa satu
demi satu perangkat yang
ada untuk menyelidiki sumber interrupt dan dengan cara
menggunakan alamatalamat
ISR yang disimpan dalam array yang dikenal sebagai
interrupt vector di
mana sistem akan memeriksa Interrupt Vector setiap
kali interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus mampu untuk menyimpan
alamat instruksi yang
di- interrupt . Pada komputer lama, alamat ini
disimpan di tempat tertentu yang
tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat itu
disimpan di stack bersama-sama
dengan informasi state saat itu.
BAB III PENUTUP
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan
suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen
dari sistem komputer
terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak
(software), set instruksi
(instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3,
yang tidak bisa
terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Processing Device
Input Device
Output Device
Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
Operating System
Application Program
Language Program
3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan masalah
sinkronisasi.
Karena itu dalam operasi sistem komputer untuk
mencegahnya sebuah memory
controller ditambahkan
untuk sinkronisasi akses memori. Untuk meningkatkan
performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus
merupakan jalur data antara
beberapa device yang berbeda. Jika komputer dinyalakan
Bootstrap program
utama akan memeriksa hardware-hardware utama. Pada
komputer modern
biasanya ditandai dengan munculnya interrupt dari
software atau hardware,
sehingga Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.
Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini
bermanfaat bagi
masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada umumnya.
Apabila makalah ini
terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam
penulisan/pembahasan kami
mengucapkan mohon maaf.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.perpus-online.co.cc/makalah-sistem-komputer/
http://iwansantosa.files.wordpress.com/2009/04/presentasi-sistemkomputer.
ppt.
http://images.indratutriono.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/RyE
zpQoKCrsAAHJyOB41/SISTEM%20KOMPUTER.ppt?nmid=63757987.
0 komentar:
Posting Komentar