Transaction
Processing Systems (TPS) Sistem informasi komputerisasi yang dikembangkan untuk
memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti
daftar gaji dan inventarisasi. Transaction Processing System (TPS) adalah
sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses
data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji
dan inventarisasi. TPS menghapus rasa bosan saat melakukan
transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang masih harus
memasukkan data ke sistem komkputer secara manual.Transaction Processing System
merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan
lilngkungan eksternal. Karena manajer melihat data-data yang dihasilkan oleh TPS
untuk memperbaharui informasi setiap menit mengenai apa yang terjadi di
perusahaan mereka. Dimana hal ini sangat peting bagi operasi bisnis dari hari
ke hari agar sistem-sistem ini dapat berfungsi dengan lancar dan tanpa
interupsi sama sekali.Transaction processing systems (TPS) berkembang dari
sistem informasi manual untuk sistem proses data dengan bantuan mesin menjadi
sistem proses data elektronik (electronic data processing systems). Transaction
processing systems mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis,
seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan/inventori. Transaction
processing systems menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan
internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek
gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak, dan
rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan
untuk diproses lebih lanjut oleh SIM.
PENGERTIAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DECISION
SUPPORT SYSTEM)
DSS merupakan
salah satu produk perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk
membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan (Indrajit 2001, p.179). Sesuai namanya, tujuan
digunakannya system ini adalah sebagai “second opinion” atau “information source”
yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan sebelum seorang manajer
memutuskan kebijakan tertentu. Pendekatan yang paling sering dilakukan dalam
proses perancangan sebuah DSS adalah dengan menggunakan teknik simulasi yang
interaktif, sehingga selain dapat menarik minat manajer untuk menggunakannya,
diharapkan system ini dapat merepresentasikan keadaaan dunia nyata atau bisnis
yang sebenarnya.
Hal yang
perlu ditekankan di sini adalah bahwa keberadaan DSS bukan untuk menggantikan
tugas-tugas manajer, tetapi untuk menjadi sarana penunjang (tools) bagi mereka.
DSS sebenarnya merupakan implementasi teori-teori pengambilan keputusan yang
telah diperkenalkan oleh ilmu-ilmu seperti operation research dan management
science. Hanya bedanya adalah bahwa jika dahulu untuk mencari penyelesaian
masalah yang dihadapi harus dilakukan perhitungan iterasi secara manual
(biasanya untuk mencari nilai minimum, maksimum, atau optimum), saat ini
komputer PC telah menawarkan kemampuannya untuk menyelesaikan persoalan yang
sama dalam waktu relatif singkat.
Dalam kedua
bidang ilmu di atas, dikenal istilah decision modeling, decision theory, dan
decision analysis yang pada hakekatnya adalah merepresentasikan permasalahan
dan manajemen yang dihadapi setiap hari ke dalam bentuk kuantitatif (misalnya
dalam bentuk model matematika). Contoh-contoh klasik dari persoalan dalam
bidang ini adalah linear programming, game’s theory, transportation problem,
inventory system, decision tree, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak
problem klasik yang kerap dijumpai dalam aktivitas bisnis perusahaan
sehari-hari, sebagian dapat dengan mudah disimulasikan dan diselesaikan dengan
menggunakan formula atau rumus-rumus sederhana. Tetapi banyak pula masalahan
yang ada sangat rumit sehingga membutuhkan kecanggihan komputer.
Decision
Support System (DSS) merupakan progresi alamiah dari system pelaporan informasi dan
system pemrosesan transaksi. DSS bersifat interaktif, system informasi yang
berbasis komputer yang menggunakan model keputusan dan secara khusus
menggunakan database untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajer
dan pengguna akhir Informasi dihasilkan dalam bentuk laporan periodik dan
khusus dan output dari model matematika dan sistem pakar.
Sprague dan
Carlson mendefinisikan DSS dengan cukup baik (Sprague et.al., 1993), yaitu :
sistem yang berbasis komputer yang dipergunakan untuk membantu para pengambil
keputusan dalam rangka memecahkan masalah-masalah rumit yang “mustahil”
dilakukan dengan kalkulasi manual dengan cara melalui simulasi yang interaktif
dimana data dan model analisis sebagai komponen utama.
PENGERTIAN EXECUTIVE INFORMATION SYSTEM (EIS)
Executive
Information System (EIS) adalah sistem computer-based yang membantu executive
dalam mengakses data dan informasi untuk mengetahui suatu permasalahan,
meneliti solusi yang akan diberikan, dan menunjukkan proses strategic planning.
DataYang Dibutuhkan Dalam EIS
DataYang Dibutuhkan Dalam EIS
- Data terintegrasi dari berbagai database, student, finance, personnel, dibutuhkan untuk menganalisa dari berbagai sudut pandang.
- Kadang-kadang, executive membutuhkan data dari database on-line (ex. Kurs mata uang).
- Data lengkap yang berisi rangkuman data secara keseluruhan.
- Data eksternal (informasi umum).
- Record data sebelumnya.
EIS Dalam
ESS (Executive Support System)
EIS adalah inti dari Executive Support System (ESS). ESS dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :
EIS adalah inti dari Executive Support System (ESS). ESS dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :
- Mental Modelling => Proses perancangan EIS, untuk mengidentifikasi faktor critical succes, data, informasi, dsb.
- EIS => Orang atau teknologi yang memberikan data kepada executive dan mengubahnya sebagai informasi.
- Office Automation Support => Semacam alat komunikasi executive dengan staff untuk berinteraksi dalam pengambilan keputusan.
Definisi Sistem Informasi Manajemen
Sistem
Informasi Manajeman adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan
informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan
keputusan dalam sebuah organisasi.
Dengan kata
lain SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan
informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Para pemakai
biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit
dibawahnya. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya
mengenai apa yang terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang
mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam
bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output
informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat
mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Perancangan, penerapan dan pengoperasian SIM adalah mahal dan sulit. Upaya ini dan biaya yang diperlukan harus ditimbang-timbang. Ada beberapa faktor yang membuat SIM menjadi semakin diperlukan, antara lain bahwa manajer harus berhadapan dengan lingkungan bisnis yang semakin rumit. Salah satu alasan dari kerumitan ini adalah semakin meningkatnya dengan muncunya peraturan dari pemerintah.
Perancangan, penerapan dan pengoperasian SIM adalah mahal dan sulit. Upaya ini dan biaya yang diperlukan harus ditimbang-timbang. Ada beberapa faktor yang membuat SIM menjadi semakin diperlukan, antara lain bahwa manajer harus berhadapan dengan lingkungan bisnis yang semakin rumit. Salah satu alasan dari kerumitan ini adalah semakin meningkatnya dengan muncunya peraturan dari pemerintah.
Lingkungan
bisnis bukan hanya rumit tetapi juga dinamis. Oleh sebab itu manajer harus
membuat keputusan dengan cepat terutama dengan munculnya masalah manajemen
dengan munculnya pemecahan yang memadai.
2. Fungsi
Sistem Informasi
Setiap
sistem informasi akuntansi akan melaksanakan lima fungsi utamanya yaitu :
- Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan.
- Memproses data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen.
- Memanajemen data-data yang ada kedalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
- Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.
- Penghasil informasi yang menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengkontrol aktivitas.
3. Tujuan Sistem
Informasi Manajemen
- Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
- Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
- Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan
4. Komponen
/ Unsur Sistem Informasi Manajeman
Komponen sistem informasi adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen, meliputi:
Komponen sistem informasi adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen, meliputi:
a. Sistem
Administrasi dan Operasional
Sistem ini melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin seperti bagian personalia, administrasi dan sebagainya dimana telah ditentukan prosedur-prosedurnya dan sistem ini harus diteliti terus menerus agar perubahan-perubahan dapat segera diketahui.
Sistem ini melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin seperti bagian personalia, administrasi dan sebagainya dimana telah ditentukan prosedur-prosedurnya dan sistem ini harus diteliti terus menerus agar perubahan-perubahan dapat segera diketahui.
b. Sistem
Pelaporan Manajemen
Sistem ini berfungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan-laporan yang bersifat periodik kepada pengambil keputusan atau manajer.
Sistem ini berfungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan-laporan yang bersifat periodik kepada pengambil keputusan atau manajer.
c. Sistem
Database
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah.
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah.
d. Sistem
Pencarian
Berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dan dalam bentuk yang tidak terstruktur.
Berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dan dalam bentuk yang tidak terstruktur.
e. Manajemen
Data
Berfungsi sebagai media penghubung antara komponen-komponen sistem informasi dengan database dan antara masing-masing komponen sistem informasi.
Berfungsi sebagai media penghubung antara komponen-komponen sistem informasi dengan database dan antara masing-masing komponen sistem informasi.
Management Information System (MIS), adalah suatu aplikasi Sistem
Informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen. MIS
dihasilkan dari beberapa database yang menyimpan data dari benyak
sumber, termasuk didalamanya Transaction Processing System/TPS. MIS
menyajikan informasi yang detail, rangkuman informasi dan informasi terpilih.
MIS merupakan salah satu elemen manajemen yang dirasa penting oleh banyak
perusahaan.
b.
Office Automation System (OAS), adalah system mendukung pekerjaan pada
suatu perusahaan secara luas, biasanya digunakan untuk meningkatkan aliran
pekerjaan dan komunikasi antar sesama pekerja, tidak peduli apakah pekerja tadi
berada di satu lokasi yang sama ataupun tidak. OAS berfungsi dalam word
processing, elctronic message, work group computing, work group scheduling,
facsimile processing, imaging and electronic documents, and work flow
management. OAS dirancang baik untuk individu maupun kelompok.
c.
Decision Support System (DSS), adalah system yang dirancang untuk
membantu manager suatu organisasi untuk mengambil keputusan melalui proses
penyimpulan atau perbandingan data dari berbagai macam sumber data yang
berbeda. DSS biasanya terdiri dari bahasa query / SQL, kemampuan analisis
secara statistik, spreadsheet, dan grafik-grafik untuk membantu pengambil
keputusan didalam mengevaluasi keputusannya.
d. Intelligent
Support System (ISS), adalah sistem yang dirancang untuk membantu managemen
perusahaan didalam menjalankan organisasinya dengan cara system berpikir
seperti halnya manusia dimana system dapat menganalisa suatu masalah melalui
proses belajar secara terus-menerus dan dijadikan menjadi pengalaman untuk
mengatasi persoalan-persoalan system yang lainnya.
Sebagaimana
kita tahu bahwa system informasi memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan
kita. Sebagai salah satu contohnya, kita dapat melihat manager dari
perusahaan-perusahaan yang ada dapat memperoleh sejumlah informasi yang sangat
penting dengan adanya system informasi. Pada dasarnya, system informasi
terbagi-bagi menjadi beberapa bagian misalnya Sistem Informasi Akuntansi,
Sistem Informasi Manajemen, dan sebagainya.. Secara garis besarnya system yang
ada disesuaikan untuk kebutuhan informasi dari sejumlah besar manager (mereka
yang membentuk manajemen seluruh perusahaan atau suatu unit organisasi). Dalam
banyak kasus informasi ini kurang memadai untuk membuat keputusan yang spesifik
untuk memecahkan permasalahan yang spesifik. Oleh karena itulah Sistem
Pendukung Keputusan (salah satu komponen yang cukup penting dalam Sistem Informasi)
dibuat sebagai suatu cara untuk memenuhi kebutuhan ini.
Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) yang biasanya disebut DSS
dapat menyediakan informasi pemecahan masalah maupun kemampuan komunikasi dalam
memecahkan masalah semi-terstruktur. Informasi dihasilkan dalam bentuk laporan
periodic dan khusus, dan output dari model matematika dan system pakar.
Komunikasi digunakan saat berbagai kelompok manajer terlibat dalam pemecahan
masalah.
Penambahan terbaru dalam konsep DSS adalah system pendukung keputusan kelompok
(Group Decision Support System) atau yang lebih dikenal dengan GDSS. GDSS
berusaha untuk memperbaiki komunikasi diantara para anggota kelompok dengan
menyediakan lingkungan yang mendukung, dan mendukung proses penganbilan
keputusan dengan meyediakan perangkat lunak GDSS yang disebut perangkat
kelompok (groupware).
Sudah
merupakan suatu kenyataan bahwa manajer jarang memecahkan masalah sendirian.
Komite, tim proyek, dan gugus tugas yang ada dalam banyak perusahaan merupakan
contoh pendekatan kelompok untuk pemecahan masalah.
Jaringan
saraf tiruan (JST) (Bahasa Inggris: artificial neural network (ANN),
atau juga disebut simulated neural network (SNN), atau umumnya hanya
disebut neural network (NN)), adalah jaringan dari sekelompok unit pemroses kecil
yang dimodelkan berdasarkan jaringan saraf manusia. JST merupakan sistem adaptif yang
dapat mengubah strukturnya untuk memecahkan masalah berdasarkan informasi
eksternal maupun internal yang mengalir melalui jaringan tersebut.
Secara
sederhana, JST adalah sebuah alat pemodelan data statistik non-linier. JST dapat digunakan
untuk memodelkan hubungan yang kompleks antara input dan output untuk menemukan
pola-pola pada data
Pengertian Dasar
Tidak ada
dua otak manusia yang sama, setiap otak selalu berbeda. Beda dalam ketajaman,
ukuran dan pengorganisasiannya. Salah satu cara untuk memahami bagaimana otak
bekerja adalah dengan mengumpulkan informasi dari sebanyak mungkin scan otak
manusia dan memetakannya. Hal tersebut merupakan upaya untuk menemukan cara
kerja rata-rata otak manusia itu. Peta otak manusia diharapkan dapat
menjelaskan misteri mengenai bagaimana otak mengendalikan setiap tindak tanduk
manusia, mulai dari penggunaan bahasa hingga gerakan.
Walaupun
demikian kepastian cara kerja otak manusia masih merupakan suatu misteri. Meski
beberapa aspek dari prosesor yang menakjubkan ini telah diketahui tetapi itu
tidaklah banyak. Beberapa aspek-aspek tersebut, yaitu :
a. Tiap
bagian pada otak manusia memiliki alamat, dalam bentuk formula kimia, dan sistem saraf manusia berusaha
untuk mendapatkan alamat yang cocok untuk setiap akson (saraf penghubung) yang dibentuk.
b. Melalui
pembelajaran, pengalaman dan interaksi antara sistem maka struktur dari otak
itu sendiri akan mengatur fungsi-fungsi dari setiap bagiannya.
c. Axon-axon
pada daerah yang berdekatan akan berkembang dan mempunyai bentuk fisik mirip,
sehingga terkelompok dengan arsitektur tertentu pada otak.
d. Axon
berdasarkan arsitekturnya bertumbuh dalam urutan waktu, dan terhubung pada struktur otak yang berkembang
dengan urutan waktu yang sama.
Berdasarkan
keempat aspek tersebut di atas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa otak tidak
seluruhnya terbentuk oleh proses genetis. Terdapat proses lain yang ikut
membentuk fungsi dari bagian-bagian otak, yang pada akhirnya menentukan
bagaimana suatu informasi diproses oleh otak.
Elemen yang
paling mendasar dari jaringan saraf adalah sel saraf. Sel-sel saraf inilah
membentuk bagian kesadaran manusia yang meliputi beberapa kemampuan umum. Pada
dasarnya sel saraf biologi menerima masukan dari sumber yang lain dan
mengkombinasikannya dengan beberapa cara, melaksanakan suatu operasi yang
non-linear untuk mendapatkan hasil dan kemudian mengeluarkan hasil akhir
tersebut.
Dalam tubuh manusia terdapat banyak variasi tipe dasar sel saraf,
sehingga proses berpikir manusia menjadi sulit untuk direplikasi secara elektrik. Sekalipun demikian, semua sel
saraf alami mempunyai empat komponen dasar yang sama. Keempat komponen dasar
ini diketahui berdasarkan nama biologinya yaitu, dendrit, soma, akson, dan sinapsis. Dendrit merupakan suatu perluasan
dari soma yang menyerupai rambut dan bertindak sebagai saluran
masukan. Saluran masukan ini menerima masukan dari sel saraf lainnya melalui
sinapsis. Soma dalam hal ini kemudian memproses nilai masukan menjadi sebuah
output yang kemudian dikirim ke sel saraf lainnya melalui akson dan sinapsis.
Penelitian
terbaru memberikan bukti lebih lanjut bahwa sel saraf biologi mempunyai
struktur yang lebih kompleks dan lebih canggih daripada sel saraf buatan yang
kemudian dibentuk menjadi jaringan saraf buatan yang ada sekarang ini. Ilmu
biologi menyediakan suatu pemahaman yang lebih baik tentang sel saraf sehingga
memberikan keuntungan kepada para perancang jaringan untuk dapat terus
meningkatkan sistem jaringan saraf buatan yang ada berdasarkan pada pemahaman
terhadap otak biologi.
Sel
saraf-sel saraf ini terhubung satu dengan yang lainnya melalui sinapsis. Sel
saraf dapat menerima rangsangan berupa sinyal elektrokimiawi dari sel saraf-sel saraf yang lain.
Berdasarkan rangsangan tersebut, sel saraf akan mengirimkan sinyal atau tidak berdasarkan kondisi tertentu. Konsep dasar
semacam inilah yang ingin dicoba para ahli dalam menciptakan sel tiruan.
Definisi
Suatu
jaringan saraf tiruan memproses sejumlah besar informasi secara paralel dan
terdistribusi, hal ini terinspirasi oleh model kerja otak biologis. Beberapa
definisi tentang jaringan saraf tiruan adalah sebagai berikut di bawah ini.
"Suatu
neural network (NN), adalah suatu struktur pemroses informasi yang
terdistribusi dan bekerja secara paralel, yang terdiri atas elemen pemroses
(yang memiliki memori lokal dan beroperasi dengan
informasi lokal) yang diinterkoneksi bersama dengan alur sinyal searah yang
disebut koneksi. Setiap elemen pemroses memiliki koneksi keluaran tunggal yang
bercabang (fan out) ke sejumlah koneksi kolateral yang diinginkan (setiap
koneksi membawa sinyal yang sama dari keluaran elemen pemroses tersebut).
Keluaran dari elemen pemroses tersebut dapat merupakan sebarang jenis persamaan
matematis yang diinginkan. Seluruh proses yang berlangsung pada setiap elemen
pemroses harus benar-benar dilakukan secara lokal, yaitu keluaran hanya
bergantung pada nilai masukan pada saat itu yang diperoleh melalui koneksi dan
nilai yang tersimpan dalam memori lokal".
Menurut Haykin, S. (1994), Neural Networks: A Comprehensive
Foundation, NY, Macmillan, mendefinisikan jaringan saraf sebagai berikut:
“Sebuah
jaringan saraf adalah sebuah prosesor yang terdistribusi paralel dan
mempuyai kecenderungan untuk menyimpan pengetahuan yang didapatkannya dari
pengalaman dan membuatnya tetap tersedia untuk digunakan. Hal ini menyerupai
kerja otak dalam dua hal yaitu: 1. Pengetahuan diperoleh oleh jaringan melalui
suatu proses belajar. 2. Kekuatan hubungan antar sel saraf yang dikenal dengan
bobot sinapsis digunakan untuk menyimpan pengetahuan.
Dan menurut Zurada, J.M. (1992), Introduction To Artificial Neural
Systems, Boston: PWS Publishing Company, mendefinisikan sebagai berikut:
“Sistem
saraf tiruan atau jaringan saraf tiruan adalah sistem selular fisik yang dapat
memperoleh, menyimpan dan menggunakan pengetahuan yang didapatkan dari
pengalaman”.
DARPA Neural
Network Study (1988, AFCEA International Press, p. 60) mendefinisikan jaringan
syaraf buatan sebagai berikut :
Sebuah
jaringan syaraf adalah sebuah sistem yang dibentuk dari sejumlah elemen
pemroses sederhana yang bekerja secara paralel dimana fungsinya ditentukan oleh
stuktur jaringan, kekuatan hubungan, dan pegolahan dilakukan pada komputasi
elemen atau nodes.
file:///D:/MATAKULIAH%20KAMPUS/SistemPendukung%20Keputusan/Jaringan_saraf_tiruan.htm
Expert System
Definisi
expert system
Expert system juga biasa disebut sistem pakar. Expert system adalah program komputer yang dirancang untuk memiliki kemampuan menyelesaikan masalah seperti human expert. Jadi expert system ini berperan layaknya seorang pakar dalam suatu sistem yang “nyata”.
Apa itu Expertise / kepakaran ???
Dalam mempelajari ilmu ini, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan expertise dalam ilmu ini.
Kemampuan kepakaran:ü
o Dapat mengenali (recognizing) dan merumuskan masalah
o Problem solver yang cepat dan tepat
o Menjelaskan solusi
o Belajar dari pengalaman (experience)
o Menentukan relevansi/hubungan
o Memahami batas kemampuan
Jenis-jenis pengetahuan yang dimiliki dalam kepakaran:ü
• Teori-teori dari permasalahan
• Aturan dan prosedur yang mengacu pada area permasalahan
• Aturan (heuristik) yang harus dikerja akan pada situasi yang terjadi
• Strategi global untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah
• Meta-knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan)
• Fakta-fakta
Dari kedua spesifikasi tentang expertise, maka dapat kita simpulkan bahwa expertise itu berarti pemahaman yang luas dari pengetahuan spesifik yang diperoleh dari pelatihan, analisis dan pengalaman yang diperoleh saat menangani suatu pemasalahan .
Kategori Problema Sistem Pakar secara umum :
1. Interpretasi – membuat kesimpulan atau deskripsi dari sekumpulan data mentah.
2. Prediksi – memproyeksikan akibat-akibat yang dimungkinkan dari situasi
situasi tertentu
3. Diagnosis – menentukan sebab malfungsi dalam situasi kompleks yang
didasarkan pada gejala-gejala yang teramati
4. Desain – menentukan konfigurasi komponen-komponen sistem yang cocok dengan
tujuan-tujuan kinerja tertentu yang memnuhi kendala - kendala tertentu
5. Perencanaan – merencanakan serangkaian tindakan yang akan dapat mencapai
sejumlah tujuan dengan kondisi awal tertentu Debugging dan Repair –
menentukan dan menginterpretasikan cara-cara untuk mengatasi malfungsi.
6. Instruksi – mendeteksi dan mengoreksi defisiensi dalam pemahaman domain
subyek
7. Pengendalian – mengatur tingkah laku suatu environment yang kompleks
8. Selection – mengidentifikasi pilihan terbaik dari sekumpulan (list)
kemungkinan
9. Simulation – pemodelan interaksi antara komponen-komponen system
10. Monitoring – membandingkan hasil pengamatan dengan kondisi yang diharapkan
Expert system juga biasa disebut sistem pakar. Expert system adalah program komputer yang dirancang untuk memiliki kemampuan menyelesaikan masalah seperti human expert. Jadi expert system ini berperan layaknya seorang pakar dalam suatu sistem yang “nyata”.
Apa itu Expertise / kepakaran ???
Dalam mempelajari ilmu ini, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan expertise dalam ilmu ini.
Kemampuan kepakaran:ü
o Dapat mengenali (recognizing) dan merumuskan masalah
o Problem solver yang cepat dan tepat
o Menjelaskan solusi
o Belajar dari pengalaman (experience)
o Menentukan relevansi/hubungan
o Memahami batas kemampuan
Jenis-jenis pengetahuan yang dimiliki dalam kepakaran:ü
• Teori-teori dari permasalahan
• Aturan dan prosedur yang mengacu pada area permasalahan
• Aturan (heuristik) yang harus dikerja akan pada situasi yang terjadi
• Strategi global untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah
• Meta-knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan)
• Fakta-fakta
Dari kedua spesifikasi tentang expertise, maka dapat kita simpulkan bahwa expertise itu berarti pemahaman yang luas dari pengetahuan spesifik yang diperoleh dari pelatihan, analisis dan pengalaman yang diperoleh saat menangani suatu pemasalahan .
Kategori Problema Sistem Pakar secara umum :
1. Interpretasi – membuat kesimpulan atau deskripsi dari sekumpulan data mentah.
2. Prediksi – memproyeksikan akibat-akibat yang dimungkinkan dari situasi
situasi tertentu
3. Diagnosis – menentukan sebab malfungsi dalam situasi kompleks yang
didasarkan pada gejala-gejala yang teramati
4. Desain – menentukan konfigurasi komponen-komponen sistem yang cocok dengan
tujuan-tujuan kinerja tertentu yang memnuhi kendala - kendala tertentu
5. Perencanaan – merencanakan serangkaian tindakan yang akan dapat mencapai
sejumlah tujuan dengan kondisi awal tertentu Debugging dan Repair –
menentukan dan menginterpretasikan cara-cara untuk mengatasi malfungsi.
6. Instruksi – mendeteksi dan mengoreksi defisiensi dalam pemahaman domain
subyek
7. Pengendalian – mengatur tingkah laku suatu environment yang kompleks
8. Selection – mengidentifikasi pilihan terbaik dari sekumpulan (list)
kemungkinan
9. Simulation – pemodelan interaksi antara komponen-komponen system
10. Monitoring – membandingkan hasil pengamatan dengan kondisi yang diharapkan
0 komentar:
Posting Komentar